Kamis, 11 Agustus 2016

Maratua I'am in Love!

Udah pernah denger Pulau Maratua? bagi pencinta dunia kelautan :D (entah itu pantai, snorkling,diving or just relaxing) kalian harus banget sempetin buat Trip ke Maratua. Yap Maratua adalah tetangga nya Derawan (yang ini kalian pasti udah tau ya). satu alasan lagi kenapa Maratua membuat saya jatuh cinta, warna lautnya kaya ketumpahan beribu-ribu kaleng cat warna CYAN dan bisa dibilang Maldives nya indonesia.
Indah kan Birunya

Maratua, dimana sih?
Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi, Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan.

Bagaimana cara ke Maratua
Saya berdomisili di Jakarta jadi rute yang saya ambil Jakarta - Berau (transit di Balikpapan) - Pelabuhan Tanjung Batu - Maratua. saya mengambil penerbangan paling pagi dan tidak lupa menyiapkan kudapan untuk mengganjal perut ya, karena perjalanannya lumayan memakan waktu . Dari Jakarta menggunakan pesawat ke Balikpapan lalu Berau untuk penerbangan langsung dengan 1 maskapai  bisa pakai Garuda, dengan biaya yang lebih mahal dibanding jika menggunakan pesawat lain, ada Sriwijaya, Lion , Batik dan Citilink.

Transit di Balikpapan

Pesawat ke Berau
Tiba di Berau menggunakan mobil rental yang mengantar sampai ke Tanjung batu, Antimo is a Must, Wow! jalanan yang dilaluin tuh menurut saya ekstrim bukan dari segi kualitas jalanannya tapi rutenya meliuk-liuk belah bukit, 2 jam saya duduk tapi ga berada di posisi yang sama, pasti geser kanan geser kiri, liat kiri jurang (mungkin saya lebay haha) liat kanan pohon tinggi-tinggi, ditambah drivernya nyetir bak supir lintas sumatera (rem nya berdebu saking ga pernah di injek) dan akirnya 2 jam sampai juga  di pelabuhan dan  dilanjut dengan menggunakan speedboat kurang lebih 1 jam sampai ke Maratua (kebetulan sudah di sediakan oleh travel agent), di saat inilah pizza sisaan jadi andalan makan di kapal :P.

Pizza semalam pun tetep enak makan ditengah laut begini
Oiya berhubung saya melakukan trip hanya berdua dengan suami, maka berangkat via Berau lebih disarankan namun jika grup maka bisa via tarakan. Sebelumnya sempet terpikir untuk nekat pergi tanpa ikut travel agent (maklum bolang pingin yang murah). tapi berdasarkan hasil browsing sana sini, hitung budget dan compare harga, jika pergi berdua lebih menguntungkan ikut travel agent jadilah kita booking travel agent untuk trip Maratua dan Derawan.

Maratua Paradise Resort
Yey! senyum berbinar langsung terpancar pas udah liat Water villa dari kejauhan, eh ternyata itu Pulau Derawan. "Maratua masih jauh lagi mbak" kata Bang Wito driver speedboat pribadi saya (tsah.. :D). Ternyata belom sampai dong :( okelah, saya sabar nunggu toh samping kanan kiri lautnya biruuu, indahhhh !!
Finally sampai di Maratua Paradise Resort , kira2 jam 3 saya sampai. dan matahari lagi aktif-aktif nya sebelum terbenam, Bahagia liat lautnya dan watervillanya nih kaya gini watervillanya.
Maratua Paradise dari kejauhan

Watervilla Maratua Paradise Resort
setelah sampai langsung disambut di dermaga resort dan dikasih handuk basah dan es sirup jeruk, Mas nya tau aja saya harus ketemu sama handuk basah buat lap-lap dan langsung neguk esnya seger banget (padahal itu cuma sirup jeruk kaya dirumah) hahaha. setelah dapet kunci kamar saya dan suami langsung taro tas dan solat dulu sebelum lanjutin meng-explore Resort ini. jam 4 sore air mulai pasang pas lagi enak2nya buat di jelajahi pasir putih sekitar resort. jam 5-6 air sudah pasang water villanya terendam (bagian kaki- kaki nya saja yaa tapi) yang nampak sejauh mata memandang cuma air laut yang warnanya Cyan,oh My God  I'am in Love!!.
Di resort ini terdapat penginapan Water Villa (penginapan di atas air )dan Beach Chalet (penginapan di pinggir pantai ). Jika ingin suasana romantis dramatis mempesona pilih Water Villa ga bakal nyesel. untuk beach chalet seperti penginapan lainya hanya beda letaknya saja dan beda harga juga.  Lebih jelasnya nanti ada di ulasan saya tentang Maratua Paradise Resort. di Maratua tempat yang saya explore sekitar penginapan saja karena itu saja sudah menawarkan pemandangan yang luar biasa, dan ada juga Goa Haji Mangku yang lokasinya berada di pantai utara Maratua yang tak kalah eksotis.

Waktu yang tepat ke Maratua
Agar makin puas liburannya harus diperhatikan bulan untuk berkunjung. saya melakukan trip di bulan Juli, karena pertimbangan cuti dan berakirnya liburan anak sekolah dan tepat sekali karena spot- spot yang saya datangi SEPI !, namun untuk cuaca tidak pas, karena beberapa kali saya bertemu awan mendung ketika ingin berpindah pulau, and  the worst yaitu gelombang laut. nah lebih baik  rencanakan di bulan Maret - Mei, setelah Agustus di awal Oktober.

Notes

- Travel 4 day 3 night Maratua & Derawan 5.595.000 /person , exclude tiket pesawat PP.
- Jika tidak ikut travel Maratua Paradise Resort Water villa rate 1.100.000, Beach Chalet 660.000
- Tiket Pesawat Jkt-Berau Garuda di bulan Juli 2.300.000 / person
  Tiket Pesawat Berau- Jkt  Lion group 900.000 / person.
- Jika ingin membawa anak kecil pilihlah waktu yang tepat saat gelombang ramah
- Bawalah alat snorkel sendiri agar lebih higienis

Kalo mau lihat vidio dokumentasi sederhana dari saya dibawah yaah

Sharing is Caring
Dont forget to follow instagram @traveldiaryid